UMB Palopo Kukuhkan 699 Wisudawan

Universitas Mega Buana (UMB) Palopo melaksanakan wisuda di akhir tahun ini dengan mengukuhkan sebanyak 699 orang.

Ini adalah angkatan kedua sejak perguruan tinggi ini menjadi Universitas dan XII kalinya sejak mulai berkiprah di Luwu Raya ini.

Rapat senat terbuka luar biasa ini dipimpin langsung, Rektor Universitas Mega Buana Palopo, Dr. Nilawati Uly, S.Si, Apt.,M.Kes di Gedung Serba Guna Sinar Setuju, Senin 27 Desember 2021.

Kegiatan ini berlangsung khidmat diikuti para wisudwan bersama tamu yakni Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi, Prof Jasruddin, mewakili Wali Kota Palopo, Dr. dr. Ishaq Iskandar, Forkopimda, serta sejumlah pimpinan perguruan tinggi swasta se Kota Palopo serta sejumlah tamu dan undangan lainnya.

Rektor UMB Palopo, Dr Nilawati Uly menyampaikan Universitas Mega Buana bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak utamanya masyarakat yang mempercayakan putra-putrinya melanjutkan Pendidikan pada UMB.

Dr Nilawati Uly juga mengungkap sejumlah perkembangan dan prestasi yang telah ditorehkan UMB Palopo hingga saat ini.

Ia menggambarkan sejumlah prestasi di antaranya kelulusan uji kompetensi mahasiswa UMB Palopo yang mengalami peningkatan untuk program profesi ners 87 persen kelulusan dan untuk program profesi bidan di angkatan pertama sebanyak 100 persen, angkatan kedua 90 persen.

Selain itu, kata Dr Nilawaty Uly alumni telah banyak terserap di dunia kerja tidak hanya di dalam negeri namun juga di luar negeri. Bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat mengalami peningkatan dengan diperolehnya hibah penelitian 25 judul riset oleh tim dosen.

Selain itu UMB mendapatkan kontrak pelaksanaan kegiatan bantuan pendanaan program penelitian kebijakan MBKM dan pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian dari Kemenristek Dikti serta kerjasama dengan sejumlah bidang baik dalam negeri maupun luar negeri.

Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi, Prof Jasruddin di kesempatan itu berharap UMB Palopo terus berbenah, melakukan inovasi di tengah kompetisi perguruan tinggi yang ada.

“Kalau mau maju, setiap PT memiliki keunggulan tersendiri,” kata Jasruddin. Dan disebutkan itu telah dimiliki oleh Universitas Mega Buana dengan melihat serapan alumni yang bekerja baik itu di dalam negeri maupun luar negeri.

Senada dengan itu, Asisten III Pemkot Palopo, Dr dr Ishaq Iskandar yang hadir mewakili Wali Kota mengapresiasi kiprah UMB Palopo hingga saat ini.

“Pelaksanaan wisuda adalah refeleksi keberhasilan perguruan tinggi yang tentu terdapat kerja keras semua civitas akademika, atas nama Pemerintah Kota Palopo kami ucapkan selamat,”katanya.

Ia juga mengakui kualitas alumni terbilang baik lantaran banyaknya alumni UMB Palopo yang terserap di dunia kerja baik dalam negeri maupun luar negeri.

Sebelumnya, Minggu, 26 Desember 2021 telah dilaksanakan Yudisium Program Sarjana dan Program Profesi, dilanjutkan dengan Pelantikan dan Angkat Sumpah Program Profesi Ners. dan Profesi Bidan. Sementara itu, Wisudawan Terbaik UMB yakni 1. MUSKOYIM, S.H : Prodi Si Ilmu Hukum, IPK: 3,99 2. ANDI SARASWATI, S. KM. Prodi Sarjana Kesehatan Masyararakat, IPK: 3,97 3. LISAH, S.Kep.,Ns. Prodi Ners IPK: 3,89.

Nilawati juga menyampaikan UMB memberikan penghargaan kepada mahasiswa, penghargaan atas upaya sebagai Voulenteer Kemanusiaan diberikan kepada Muhammad Yunus, S.KM Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat.

Penghargaan kepada Mahasiswa yang Memiliki Motivasi Untuk Melanjutkan Pendidikan di Usia Lanjut, diberikan kepada BD. Maswati Madjid, S.Tr.Keb. S.KM, M.Kes.

Wisuda Tahun 2021 yang dilaksanakan oleh UMB memiliki sejarah karena Pertama kali meluluskan Program S1 Ilmu Hukum, dan Program Profesi Bidan. Dimana UMB kampus Pertama di Sulawesi yang meluluskan Program Profesi Bidan. 

Leave a Reply