UMB Palopo Lepas Alumni Bekerja ke Jepang di Acara ‘Mega Buana Day’, Tuai Pujian dari Kepala BP2MI Wilayah Timur

Rektor Universitas Mega Buana Dr. Hj. Nilawati Uly, S.Si, Apt, M.Kes

 Universitas Mega Buana (UMB) Palopo terus melakukan terobosan-terobosan untuk meningkatkan mutu, semangat, dan kepeduliannya kepada civitas akademika termasuk kepada mahasiswa dan alumni. Yakni, melakukan kegiatan bertajuk “Mega Buana Day” yang dilaksanakan secara hybrid (luring dan daring), Sabtu, 5 Maret 2022 di Kampus UMB Palopo.

Mega Buana Day ini, ada tiga rangkaian kegiatan yang dilakukan yakni pelepasan alumni bekerja ke Jepang, pemberian reward kepada Dosen Pembimbing Uji Kompetensi atas kinerjanya dalam peningkatan kelulusan Uji Kompetensi di Universitas Mega Buana, dan penyerahan hadiah lomba video kreatif bagi pegawai, dosen dan mahasiswa mendapat apresisasi dari berbagai pihak.

Ketua BP2MI Wilayah Sulawesi Selatan, Dr. Agus Bustamin SE, MM., Perwakilan Yawata Education Center, Mahasiswa dan Alumni yang mengikuti secara online.

Apa yang dilakukan UMB Palopo ini, mendapat apresiasi dan pujian dari Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Wilayah Timur Dr. Agus Bustamin SE,

Saat memberikan sambutannya, Kepala BP2MI Wilayah Timur menyampaikan apresiasi terhadap UMB Palopo yang telah berdedikasi menghasilkan alumni yang berkualitas. Ini terbukti dengan banyaknya alumni UMB yang telah bekerja ke Jepang.

Kepala BP2MI juga mengharapkan ke depan dapat mempererat kerjasama.

Menurutnya, negara Jepang adalah negara yang tepat untuk tempat bekerja. Karena, ketika pulang ke Indonesia, alumni yang bekerja dapat punya tabungan Rp1 miliar dari hasil kerjanya selama di Jepang.

Ia juga mengapresiasi komitmen UMB yang telahmemfasilitasi alumninya bekerja ke luar negeri.

Sementara itu, Yusria, Str.Keb yang mewakili Alumni Universitas Mega Buana yang akan bekerja ke Jepang menyampaikan terima kasih kepada UMB. Karena, selama menempuh pendidikan di UMB telah banyak mendapat ilmu dari dosen dan juga pelayanan yang sangat baik dari staf dan pengelolah.

Para Dosen Yang mendapatkan Reward atas Kinerja Peningkatan Kelulusan UKOM di Universitas Mega Buana

Dia juga menyampaikan terima kasih karena telah diberi beasiswa selama menempuh pendidikan

Sementara itu, Rektor UMB Palopo Dr. Hj. Nilawati Uly, S.Si, Apt, M.Kes. dalam sambutannya mengatakan, sejak berdiri pada tahun 2009 UMB telah membuat program short course keluar Negeri untuk mahasiswa tingkat akhir. Tujuannya, untuk memberikan pengalaman perjalanan keluar Negeri, pengalaman belajar di luar Negeri untuk menambah wawasan para mahasiswa, dengan harapan setelah menyelesaikan pendidikan di UMB alumni berani dan siap untuk bekerja di Luar Negeri.

Menurutnya, UMB juga menambahkan mata Kuliah bahasa asing yaitu bahasa inggris dan bahasa Jepang pada kurikulum pembelajaran di setiap Program Studi yang ada.

Selain itu, juga telah menjalin kerjasama luar Negeri di Empat Benua yang terdiri dari Temple University, Philadelphia-Amerika, Tafe University Australia, Supertex Swedia, Beberapa Perguruan Tinggi dan Rumah Sakit di Malaysia, Thailand, Taiwan, Jepang, Arab Saudi, dan India. Alhamdulillah saat ini Alumni Universitas Mega Buana telah bekerja di Jepang, Taiwan, Arab Saudi.

”Hari ini kami kembali melepas Alumni Universitas Mega Buana untuk bekerja ke Jepang. Untuk itu, kami harapkan dapat bekerja dengan baik, jaga kesehatan, jaga nama baikta, jaga nama baik keluarga. Jaga nama baik Universitas Mega Buana, dan nama baik Indonesia. Kami semua mendoakan kalian selalu dalam lindungan Allah SWT, sehat, sukses, dan selalu ingat orang tua,” pesannya.

Nilawati Uly juga berterima kasih kepada BP2MI, Yawata education center, kepada Wakil Rektor, Dekan, Ketua Prodi beserta jajaran pengelola, dan dosen UMB.

”Alhamdulillah kualitas lulusan UMB mendapatkan apresiasi dari stakeholder Luar Negeri. Baru-baru ini apresiasi disampaikan secara langsung oleh Direktur Hetten Medical Riyadh-Arab Saudi Dr. Alawi Ba’ Alawi,” kata Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia Komisariat Tana Luwu-Toraja ini.

Sementara itu, JEA Makassar yang diwakili oleh Imelda, S.S., M.Pd dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Universitas Mega Buana karena telah meluluskan alumni yang terampil dan tekun selama mengikuti kegiatan bimbingan persiapan ke Jepang.

Menurutnya, alumni UMB mempunyai semangat yang tinggi untuk bisa bekerja ke Jepang.

Nada sama juga disampaikan Yawata Edukasi Senter yang di wakili Syarifuddin, ST. Dalam sambutannya ia mengapresiasi kemampuan bahasa asing dan komitmen alumni Universitas Mega Buana yang akan bekerja ke Jepang.

Seperti diketahui, UMB Palopo sebelumnya pernah mendapatkan penghargaan atas penyiapan SDM calon pekerja migran Indonesia yang diberikan oleh Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) di kantor Gubernur Sulsel, Senin, 14 Juni 2021 lalu.

UMB juga mencatat keberhasilan yakni, angkatan pertama profesi bidan UMB Palopo dinyatakan 100 persen lulus ujian kompetensi (UKOM). Sementara angkatan kedua 139 mahasiswa.

Perlu diketahui, Universitas Mega Buana satu-satunya PTS di Luwu Raya yang memiliki Fasilitas Computer Based Test (CBT) Center yang digunakan sebagai tempat penyelenggaraan Uji Kompetensi (UKOM) Nasional.

UMB menyiapkan fasilitas CBT bagi mahasiswa dengan tujuan untuk tempat mahasiswa bimbingan, latihan UKOM, serta try out dan uji kompetensi.

Sehingga mahasiswa atau alumni UMB tidak jauh-jauh lagi ke Makasaar atau ke daerah lain untuk mengikuti try out dan UKOM. Karena, CBT UMB terdaftar di LPUK pusat. Maka, dapat juga digunakan oleh PTS Kesehatan yang ada di wilayah Luwu Raya.

Perguruan tinggi ini juga memiliki tim dosen pembimbing UKOM, dimana bertugas membimbing mahasiswa atau alumni untuk mengikuti UKOM. Pada saat bimbingan dan latihan UKOM mahasiswa atau alumni tidak dipungut biaya atau gratis.

Atas capaian tersebut, Rektor Universitas Mega Buana Palopo, Dr. Hj. Nilawati Uly, S.Si, Apt., M.Kes mengaku salut atas prestasi ini dan memberikan reward kepada para dosen Prodi Profesi Bidan dan Prodi Profesi Ners. Ia pun berharap ke depan, UMB makin jaya.

Saat ini UMB mengelola Tiga Fakultas yang terdiri dari Fakultas Kesehatan Program Magister (S2) Kesehatan Masyarakat, Program Profesi Bidan dan Program Profesi Ners. Program Sarjana (S1) Kebidanan, Keperawatan, Kesehatan Masyarakat, Program Diploma (D4) Kebidanan. Fakultas Hukum Program Sarjana (S1) Ilmu Hukum. Fakultas Bisnis Program Sarjana (S1) Perdagangan Internasional, S1 Kewirausahaan.

”Saat ini juga, UMB Palopo telah membuka pendaftaran mahasiswa baru. Ada potongan biaya kuliah sampai Rp2 juta,” kunci Nilawati Uly

Leave a Reply