Profesi Bidan UMB Peserta UKOM Terbanyak Se Sulawesi dengan Persentase Lulus Tertinggi

UMB Perguruan Tiinggi Yang Memiliki Prodi. Kesehatan Terbaik di Tana Luwu

Bd. Hj. Nadirah La Oddi, S.ST. Ketua IBI Propinsi Sulawesi Barat, mengikuti Prosesi Yudisium, Pelantikan, dan Angkat Sumpah Program Profesi Bidan UMB.

Universitas Mega Buana (UMB) semakin menunjukkan kiprahnya di dunia pendidikan di Tana Luwu. Bahkan sejak
bertransformasi dari Sekolah tinggi menjadi Unversitas disebutkan menjadi perguruan tinggi kesehatan terbaik di Tana Luwu ini

Mahasiswa Program Profesi Bidan Yang Berasal dari Papua saat Mengikuti Prosesi Yudisium.

Hal itu disampaikan Ketua DPD PPNI Kota Palopo Ns. Taufik, S.Kep.,M.Kes kepada Palopo Pos saat diwawancara, Minggu, 5 Juni 2022 di acara Yudisium Program Profesi Ners dan Bidan di MCC Palopo.

“Memang, Universitas Mega Buana ini handal bahkan terkemuka di Luwu Raya, jika melihat sebaran alumninya dan data yang kami ketahui dari LLDIKTI bahwa PT Kesehatan, UMB ini menempati urutan pertama dari segi kualitas,”kata Taufik, S.Kep.,M.Kes yang hadir mewakili Wali
Kota Palopo, HM Judas Amir.

Itu setelah UMB mempertontonkan testimoni sebaran alumni mereka yang banyak terserap keluar negeri. Dimana ada yang bekerja sebagai perawat di Arab Saudi dan beberapa negara lainnya. Menurut Taufik itu karna kemampuan bahasa asing
yang dimiliki oleh alumni selain dari kometensi mereka sebagai perawat dan bidan.

Sementara itu Ketua Pengurus Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Sulsel, Hj Suriani, SKM dan Msc berharap lulusan bidan bisa semakin meningkatkan kompetensi mereka. Utamanya dalam hal penguasaan tekhnologi. “Bidan harus kuasai tekhnologi informasi,”katanya. Selain penguasaan bahasa yang dinilai penting.

Diketahui UMB kali ini meluluskan sebanyak 194 orang untuk dua Prodi unggulan mereka. 4 orang Program Profesi Ners dan 190 orang Profesi bidan. Hal itu menunjukkan eksistensi UMB di Luwu Raya ini serta kualitasnya dimana diikuti peserta dari berbagai daerah yakni Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara dan Papua.

Disampaikan Rektor UMB Palopo, Dr Nilawaty Uly, terkait kelulusan Ujian Kompetensi UMB Bidan angkatan pertama lalu adalah sebanyak 100 persen dan kelulusan Uji Kompetensi Program Profesi Bidan angkatan ke 3 firstaker ini adalah sebanyak 93,82 persen dan kelulusan Ujian Kompetensi Program Profesi Ners periode ini firstaker dengan kelulusan 75 persen.

Nilawati Ully dalam laporan akademiknya mengatakan sejumlah terobosan dilakukan oleh mereka untuk mendapatkan kualitas alumni yang siap mengimplementasikan ilmu yang mereka dapatkan, seperti misalnya yang terbaru yakni fasilitas CBT bagi mahasiswa yang ingin bimbingan Uji Kompetensi secara gratis.

Tidak hanya kualitas mahasiswa namun juga kualitas Pengajar dan Mahasiswa mereka tingkatkan dengan berbagai pelatihan seperti OSCE , Preseptor Mentor, Item Dev dan Item Review, Soal Uji Kompetensi, Pelatihan APN, Pelatihan CTU, BTCLS selain itu juga dilakukan pelatihan K3 agar dapat menunjang serapan alumni pada sektor industri bagi tenaga kesehatan.

Leave a Reply