UMB MoU dengan BP2MI Berikan Jaminan Perlindungan Bagi Alumni yang Bekerja di Luar Negeri

Apresiasi terus dituai alumni Universitas Mega Buana (UMB) Palopo yang bekerja di luar negri.

Sanjungan dari beberapa negara atas alumni UMB tersebut, memompa semangat UMB untuk terus melakukan peningkatan kualitas para alumninya termasuk bagaimana mendorong supaya alumninya dapat lebih banyak terserap bekerja di luar negeri.

Salah satu langkah yang dilakukan yakni, UMB Palopo melakukan kerjasama dengan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia Makassar (BP2MI Makassar) dan Perkumpulan Pengusaha Jasa Migran Indonesia (Pasmindo) Sulsel.

Kerjasama yang dilakukan itu, tentang penyelenggaraan persediaan dan harmonisasi kompetensi calon tenaga kerja luar negeri yang dilakukan di kampus Universitas Mega Buana Palopo, Senin, 13 Juni 2022.

Dalam kerjasama yang ditandatangani Kepala BP2MI Makassar, Dr. Moh. Agus Bustami, SE, MM dan Rektor UMB Palopo Dr. Hj. Nilawati Uly, S.Si, Apt, M.Kes, menyepakati penyelenggaraan kerjasama penyediaan calon tenaga kerja luar negeri yang berbasis kompetensi dan penempatan alumni sebagai tenaga kerja dalam dan luar negeri.

Foto bersama Mahasiswa yang pada saat Job Fair memilih bekerja ke Jepang.

Pelaksanaan harmonisasi kompetensi calon tenaga kerja luar negeri dalam bentuk informasi peluang kerja luar negeri dan peningkatan kualitas lembaga pendidikan.

Selan itu, juga integrasi system jobs info dengan sistem bursa kerja atau training center persiapan bekerja dalam dan luar negeri yang dibangun oleh pihak kedua yang bekerjasama dengan pihak pertama.

Selain itu, UMB juga melakukan kerjasama dengan Perkumpulan Pengusaha Jasa Migran Indonesia (Pasmindo) Sulsel. Kerjasama ini tentang penyelenggaraan persediaan dan harmonisasi kompetensi calon tenaga kerja luar negeri yang ditandantangani kedua belah pihak, yakni Ketua Pasmindo Ir. Agussalim Husain, SE dan Rektor UMB, Dr. Hj. Nilawati Uly, S.Si, Apt, M.Kes.

Foto bersama Mahasiswa yang pada saat Job Fair memilih bekerja Ke Arab Saudi .

”Kerjasama ini, dilakukan supaya alumni UMB dapat terserap di luar negeri. Tapi yang terpenting adalah alumni UMB yang bekerja itu memperlihatkan kualitas, dedikasi, dan pengabdian yang baik,” beber Rektor UMB, Dr. Hj. Nilawati Uly, S.Si, Apt, M.Kes.

Kepala BP2MI Wilayah Timur Dr. Agus Bustamin SE, MM. saat memberikan sambutannya, menyampaikan apresiasi terhadap UMB Palopo yang telah berdedikasi menghasilkan alumni yang berkualitas.

Ini terbukti dengan banyaknya alumni UMB yang telah bekerja ke Jepang dan Arab Saudi.

Kepala BP2MI juga mengharapkan dengan adanya MoU, memberikan jaminan pelindungan bagi Alumni UMB yang bekerja di Luar Negeri,

Kepala BP2MI Wilayah Timur juga mengapresiasi komitmen UMB yang telah memfasilitasi alumninya bekerja ke Luar Negeri.

Sementara itu, Rektor UMB Palopo Dr. Hj. Nilawati Uly, S.Si, Apt, M.Kes. dalam sambutannya mengatakan, sejak berdiri pada tahun 2009 Universitas Mega Buana telah membuat program short course keluar Negeri untuk mahasiswa tingkat akhir.

Tujuannya, untuk memberikan pengalaman perjalanan keluar Negeri, pengalaman belajar di luar Negeri untuk menambah wawasan para mahasiswa, dengan harapan setelah menyelesaikan pendidikan di Universitas Mega Buana Alumni berani dan siap untuk bekerja di Luar Negeri.

Universitas Mega Buana juga menambahkan mata kuliah bahasa asing yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang pada kurikulum pembelajaran di setiap Program Studi yang ada di Universitas Mega Buana.

UMB Palopo juga telah menjalin kerjasama luar Negeri di Empat Benua yang terdiri dari Temple University, Philadelphia-Amerika, Tafe University Australia, Supertex Swedia, Beberapa Perguruan Tinggi dan Rumah Sakit di Malaysia, Thailand, Taiwan, Jepang, Arab Saudi, dan India. Alhamdulillah saat ini Alumni Universitas Mega Buana telah bekerja di Jepang, Taiwan, Arab Saudi.

”Terima kasih kepada BP2MI, terima kasih kepada mitra-mitra kerja, terima kasih kepada seluruh civitas Akademika UMB,” katanya.

”Alhamdulillah Kualitas lulusan Universitas Mega Buana mendapatkan apresiasi dari stakeholder Luar Negeri. Baru-baru ini apresiasi disampaikan secara langsung oleh Direktur Hetten Medical Riyadh-Arab Saudi Dr. Alawi Ba’ Alawi,” bebernya.

Seperti diketahui, UMB Palopo sebelumnya pernah mendapatkan penghargaan atas penyiapan SDM calon pekerja migran Indonesia yang diberikan oleh Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) 14 Juni 2021 lalu.

Saat ini UMB mengelola Fakultas Kesehatan Program Magister (S2) Kesehatan Masyarakat, Program Profesi Bidan dan Program Profesi Ners. Program Sarjana (S1) Kebidanan, S1 Keperawatan, S1 Kesehatan Masyarakat, Program Diploma (D4) Kebidanan. Fakultas Hukum Program Sarjana (S1) Ilmu Hukum. Fakultas Bisnis Program Sarjana (S1) Perdagangan Internasional, S1 Kewirausahaan.

Leave a Reply