UMB Palopo-Pemda Lutra Sepakat Tingkatkan Kualitas Pendidikan ASN, Bupati Indah Dorong Lanjut S2

Universitas Mega Buana (UMB) Palopo terus mengepakkan kerjasamanya. Setelah melakukan kerjasama dengan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia Makassar (BP2MI Makassar) dan Perkumpulan Pengusaha Jasa Migran Indonesia (Pasmindo) Sulsel satu hari sebelumnya, kini perguruan tinggi yang beralamat di Jl Andi Achmad (Ex Veteran) No 25, Kelurahan Luminda, Kecamatan Wara Utara, Kota Palopo, menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Luwu Utara

Kerjasama ini ditandatangani langsung Bupati Luwu Utara, Hj. Indah Putri Indriani, S.IP.,M.Si, dan Rektor UMB Palopo Dr. Hj. Nilawati Uly, S.Si.,Apt.,M.Kes,

Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani bersama ini dilaksanakan di Masamba Luwu Utara, Selasa, 14 Juni 2022. Ini semata-mata untuk meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Bupati Luwu Utara Hj. Indah Putri Indriani, S. IP., M. Si. sangat mendukung peningkatan pendidikan ASN di Kabupaten Luwu Utara, bahkan Pemerintah menyiapkan beasiswa.

Menurut Indah Putri Indriani, minat masyarakat Kabupaten Luwu Utara untuk meningkatkan pendidikan termasuk cukup tinggi. Ini dapat dilihat, dari daerah pedalaman walaupun jauh tetap semangat untuk melanjutkan pendidikan.

Bupati mengharapkan, dengan adanya MoU antara Pemerintah Kabupaten Luwu Utara dengan Universitas Mega Buana Palopo dapat bekerjasama selain kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang sudah berjalan, juga bekerjasama dalam peningkatan Pendidikan ASN di Kabupaten Luwu Utara. Apalagi, dengan adanya Program Magister (S2) Kesehatan Masyarakat di UMB, ASN yang lulusan S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Keperawatan, dan S1 Kebidanan dapat melanjutkan Pendidikan di UMB.

Sementara itu, menurut Rektor UMB Palopo, Nilawati Uly kepada Palopo Pos, Selasa, 14 Juni 2022, perjanjian kerjasama ini, bertujuan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Adapun ruang lingkup perjanjian ini adalah, penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan, penyelenggaraan penelitian bersama, penyelenggaraan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Selain itu, tambahnya, juga untuk peningkatan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia, pelaksanaan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka, sertakegiatan lain yang disepakati bersama.

Ditambahkan alumni doktor Unhas ini, sejak tahun 2009 sampai dengan saat ini sudah banyak Mahasiswa dan Alumni Program Sarjana (S1) UMB yang berasal dari Kabupaten Luwu Utara.

”Alhamdulillah UMB telah memiliki Program Magister (S2) Kesehatan Masyarakat. UMB satu-satunya Perguruan Tinggi di Luar Kota Makassar yang memiliki Program S2 Kesehatan Masyarakat.,” beber Nilawati Uly.

Saat ini, pembelajaran pada Program S2 Kesehatan Masyarakat telah berlangsung sejak diberikan ijin penyelenggaraan oleh Kemendikbud Ristekdikti pada 22 April 2021.

Biaya kuliah terjangkau, biaya bisa diangsur, dosen-dosennya Lulusan Program Doktor (S3) dari Perguruan Tinggi Negeri Ternama dan juga Guru Besar (Professor) dari Perguruan Tinggi Negeri Ternama di Indonesia.

Untuk mendaftar di UMB sangat mudah bisa dilakukan secara online melalui Link pendataran pmb.umegabuana.ac.id.

Pada saat penandatanganan MoU Rektor UMB bersama Rombongan Wakil Rektor Bidang Akademik, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dekan Fakultas Kesehatan, Dekan Fakultas Bisnis dan Perwakilan Mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Luwu Utara Penerima Beasiswa dari Yayasan Pendidikan Mega Buana.

Termasuk salah satu mahasiswa korban bencana alam di Kabupaten Luwu Utara yang mendapatkan beasiswa dari Yayasan Pendidikan Mega Buana.

Sebagamana diketahui pada saat bencana alam di Kabupaten Luwu Utara, UMB Palopo memberikan bantuan kepada mahasiswa, alumni dan masyarakat korban bencana alam.

”Terima kasih Pemerintah Kabupaten Luwu Utara. Terima Kasih Ibu Bupati beserta seluruh jajaran Pemkab Luwu Utara,” katanya. 

Leave a Reply