Dies Natalis ke-13 UMB Launching Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum, Serta Launching Inkubator Bisnis

Universitas Mega Buana Palopo melaksanakan Dies Natalis ke-13 yang berlangsung semarak di kampus mereka di jalan Andi Achmad (ex. Veteran) Palopo, Rabu 22 Juni 2022.

Pasalnya, sejumlah tokoh hadir di antaranya, Datu Luwu, La Maradang Macculau, Wakil Wali Kota Palopo, Dr. Ir. H Rahmat M Bandaso, M.Si, Asisten III, Dr dr H.M. Ishaq Iskandar, M.Kes, Ketua Yayasan, H. Rahim Munir Said, S.P, MM dan sejumlah perwakilan Forkopimda Palopo serta tamu dan undangan.

Pada Dies Natalis kali ini, UMB Palopo melakukan launching Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum serta launching Inkubator Bisnis dan Expo yang digelar mahasiswa Fakultas Bisnis program studi S1 Kewirausahaan dan S1 Perdagangan Internasional. Rangkaian Dies Natalis UMB di isi dengan kegiatan sosial kemasyarakatan dan kegiatan Ilmiah di mulai 13 Juni 2022 menggelar Job Fair untuk Mahasiswa tingkat akhir dan Alumni, serta MoU dengan Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), 14 Juni 2022 melakukan MoU dengan Pemerintah Kabupaten Luwu Utara, 16 Juni 2022 menggelar Family Gathering, 17 Juni 2022 memberikan bantuan makanan dan sembako untuk 4 panti Asuhan di Kota Palopo, 20 Juni 2022 memberikan bantuan Buku Iqra dan Al Quran untuk Lembaga Pemasyarakatan Kota Palopo, pada kunjungan tersebut Rektor UMB memberikan Beasiswa khusus bagi 36 warga binaan perempuan bila ingin meanjutkan penddidikan di UMB usai menjalani masa binaan UMB siap menerima dan memberikan beasiswa penuh sampai selesai pendidikan, Tanggal 20 Juni 2022 menggelar Kuliah Pakar, 21 Juni 2022 melaksanakan Seminar Nasional, serta melakukan Mou dan MoA dengan BNN Kota Paopo, 22 Juni 2022 memberikan bantuan 100 truck Timbunan untuk pembangunan Panti Asuhan Halimatusaddyah, dan sumbangan untuk pembangunan Masjid Al Hidayah Sallolo, Launching LKBH serta Launching Inkubator Bisnis, serta pemberian Mega Buana Award bagi Pegawai UMB yang berprestasi.

Pemberian Mega Buana Award kepada Pegawai yang berprestasi.

Pemukulan gong dan pengguntingan pita oleh Datu Luwu, La Maradang Macculau mewarnai kegiatan tersebut yang disambut antusias oleh civitas akademika.

Rektor UMB Palopo, Dr.Hj. Nilawati Uly, S.Si.,Apt., M.Kes dalam sambutannya menyebutkan sejumlah pencapaian UMB Palopo yang didirikan sejak 2009 lalu.

“Sejak 2009 lalu alumni kita sudah ada 6.000, dan Mahasiswa yang aktif pada Tahun 2022 ini berjumlah 1800 orang” ungkapnya.

Nilawati Uly dalam pemaparannya mengatakan, serapan alumni yang telah bekerja baik di instansi dalam negeri maupun luar negeri terbilang baik dimana alumni sudah banyak diterima di berbagai negara.

Datu Luwu beserta Tamu Undangan mengunjungi Expo yang di gelar oleh Fakultas Bisnis UMB.

Selain itu, hadirnya prodi baru sejak beralih status dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan menjadi Universitas misalnya Fakultas Bisnis dengan dua prodi yakni S1 Kewirausahaan dan S1 Perdagangan International dimana 2 Program Studi tersebut Pertama dan satu-satunya di Wilayah Tana Luwu Tana Toraja, Fakultas Hukum, dan Fakultas Kesehatan dengan sejumlah Prodi yakni D4 Kebidanan, S1 Keperawatan, S1 Kebidanan, S1 Kesehatan Masyarakat, pendidikan Profesi Bidan dan Profesi Ners. UMB juga memiliki Program Magister (S2) Kesehatan Masyarakat yang pertama dan satu-satunya di Luar Kota Makassar.

Kemudian yang sementara proses yakni S1 Teknik Informatika dan S1 Sistem Informasi.

Pihaknya juga sedang mempersiapkan Prodi S1 Ilmu Kedokteran.

Pengembangan kampus ini dilakukan berdasarkan kebutuhan dunia kerja dan visi Universitas.

“Ada peluang kerja bagi lulusan, potensi mahasiswa sehingga pihaknya mempersiapkan diri untuk membuka Prodi Ilmu Kedokteran tersebut,” jelasnya.

Datu Luwu saat memukul gong dalam rangkain Dies Natalies ke-13 UMB yang disertai launching Progran Lembaga Bantuan Konsultasi dan Bantuan Hukum UMB

Selain pengembangan akademik pihaknya juga sedang merancang
untuk pembangunan 2 kampus di dua lokasi yakni kampus 2 di Balandai dan kampus 3 di Songka.

Di kampus 2 berlokasi di Balandai didesain dengan konsep Teaching Industri dan
kampus 3 dilengkapi dengan mall.

Kiprah UMB Palopo yang merayakan Dies Natalis ke-13 ini mendapat banyak apresiasi dari sejumlah pihak. Tak terkecuali Pemerintah Kota Palopo yang disampaikan Dr. dr. Ishaq Iskandar, M.Kes mengatakan eksistensi UMB Palopo jelas memberikan kontribusi terhadap Kota Palopo sebagai kota tujuan pendidikan, di samping itu serapan alumni yang baik dan diterima di dunia kerja baik dalam negeri maupun luar negeri.

Tidak hanya kalangan pemerintah saja, melainkan dari Kedatuan Luwu, yang disampaikan Datu Luwu, La Maradang Macculau yang mengidentikkan pendiri sekaligus Rektor UMB, Dr Nilawati Uly
layaknya 3 Datu Luwu perempuan.

Disebutkan, bagaimana jika kepemimpinan itu dipimpin oleh seorang perempuan, ia lantas menyebut We Tenrirawe yang menciptakan tatanan adat, aturan aturan adat, sistem kepemimpinan, kemudian We Tenri Leleang seorang menteri yang hebat, pemersatu sulsel, dan yang ketiga adalah We Tenri Awaru Petta Matoinroe Tengana Luwu, “jadi tiga sosok wanita ini yang kebetulan ditakdirkan menjadi datu sangat tampak pada hari ini dalam diri seorang Rektor,” tuturnya disambut antusias.

Leave a Reply