Kukuhkan Guru Besar dan 568 Wisudawan

Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi Drs. Andi Lukman, M.Si. Rektor UMB melakukan pengalungan medali tanda Guru Besar Universitas Mega Buana kepada Prof. Dr. Ilyas, S.H.,M.H

Universitas Mega Buana (UMB) Palopo mengukuhkan sebanyak 568 wisudawan pada prosesi wisuda dan pengukuhan guru besar yang berlangsung di Gedung Serba Guna Sinar Setuju, Kamis 1 September 2022.

Pelaksanaan ini berlangsung khidmat dihadiri oleh sejumlah tamu dan undangan diantaranya Wali Kota Palopo diwakili oleh Ilham Hamid, Pembina Yayasan Mega Buana, H Rahim Munir Said,S.P, M.M, Wakil Ketua DPRD Palopo, Abdul Salam bersama unsur muspida lainnya, mitra pebankan dan sejumlah pimpinan dan perwakilan pergruan tinggi se-Kota Palopo. Selain tamu VIP tersebut, UMB Palopo juga menghadirkan bintang tamu yakni salah satu band ibukota yakni Pilotz Band yang memberikan persembahan menarik dikesempatan itu.

Capaian lain yang disebutkan oleh Ibu Nila, sapaan akrab Rektor adalah berjalannya program pertukaran pelajar antara Universitas Mega Buana Palopo dengan Kanda University Tokyo dimana mahasiswa tersebut turut hadir di acara ini. Belum lagi peningkatan serapan tenaga kerja lulusan ke luar negeri berdasarkan testimoni yang disampaikan, yakni bekerja di Arab Saudi, Qatar, Jepang dan beberapa negara lainnya, terlebih dalam negeri.

Dengan pencapaian ini memberikan bukti bahwa memang banyak yang ingin berkuliah di Universitas ini, “tentu ada yang spesial di UMB Palopo sehingga menjadi pilihan masyarakat,” ucapnya.

Ia mengungkapkan salah satu alasan masyarakat memilih kampus ini karena, biaya kuliah terjangkau serta berkualitas, UMB kampus Pertama di Indonesia Timur yang menamatkan Mahasiswa Profesi Bidan, dan pertama terakreditasi B pada program  D4 Kebidanan. Pada perhelatan ini, UMB Palopo menerima sertifikat pelaksanaan Hybrid Learning dari LLDIKTI, untuk proses pembelajaran secara hybrid yakni 50 persen online dan 50 persen offline, dan diketahui UMB Palopo adalah PTS di wilayah kerja LLDIKTI IX Sulawesi yang pertama kali mendapatkan izin penyelenggaraan tersebut yang diserahkan langsung oleh Kepala LLDIKTI IX Sulawesi, Drs. Andi Lukman, M.Si di acara itu.

“Jadi pelaksanaan hari ini, sangatlah istimewa dan bersejarah bagi perjalanan UMB Palopo,” katanya.

Dan tak kalah meriahnya pelaksanaan wisuda ini dihadiri bintang tamu artis ibukota yakni Pilotz Band.

Sementara itu, Kepala LLDIKTI IX Sulawesi, Drs. Andi Lukman, M.Si dalam sambutannya menunjukkan rasa bangga atas pencapaian UMB Palopo.

Menurutnya banyak yang berkembang di kampus ini, selain soal prestasi juga pengembangan pendidikan tinggi di Sulawesi itu ditunjukkan UMB dengan mengalih kelola empat perguruan tinggi. “Bagi para lulusan, banggalah kita, LLDIKTI saja bangga dengan kampus ini, apaagi lulusannya, terlebih mahasiswanya. Ini sudah luar biasa, ini menjadi kebanggaan masyarakat Palopo dan tentunya kebanggaan LLDIKTI Wiayah IX,” jelasnya.

Sementara itu, Asisten II Pemkot Palopo, Ilham Hamid yang hadir mewakili Wali Kota Palopo dalam sambutan tertulisnya mengatakan Pemerintah Palopo sangat memberikan apresiasi kepada UMB. “Keberadaan UMB Palopo ini sangatlah penting untuk kemajuan daerah,” ucapnya.

Prosesi ini juga dirangkaikan dengan Pemberian reward kepada mahasiswa yang menginspirasi masyarakat dalam bidang keilmuannya khususnya kepada para wanita di Indonesia untuk tetap meningkatkan kapasitas diri melalui bidang pendidikan kebidanan, yakni Bd Lina Fitriani, S.ST, MKeb, Bd. A Ulfa Fatmasanti, SST, M.Keb, dan Bd Nopiyanti, SST, MKes, selain itu lulusan terbaik wisuda kali ini yang diberikan penghargaan, Sinta SKM, dengan IPK 3,93, Christina Singkang, S.Tr, Keb IPK 3,92 dan Wulan Anriani, S.Tr, Keb

Yang menerima penghargaan juga adalah Bd. Lina Fitriani, S.ST.,M.Keb. Ketua STIKES Bina Generasi Polewali Mandar, SulBar. Bd. Ulfa Fatmasanti, S.ST.,M.Keb. Direktur AKBID Batari Toja Bone, Bd. Noviyanti, S.ST, M.Kes. Direktur AKBID Aisyah Pangkep

Leave a Reply