UMB Palopo PTS Pertama Penyelenggara Pembelajaran Hybrid

Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi Drs. Andi Lukman, M.Si. Menyerahkan Ijin Penyelenggaraan Pembelajaran Hybrid Kepala Rektor Universitas Mega Buana Dr. Hj. Nilawati Uly, S.Si.,Apt.,M.Kes. 

 Pujian dilontarkan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX, Drs. Andi Lukman, M.Si kepada Universitas Mega Buana (UMB) Palopo.

Ia menyebut, UMB Palopo adalah salah satu Perguruan Tinggi Swasta terbaik di Sulawesi. Ini dibuktikan, UMB Palopo mendapat kepercayaan sebagai perguruan tinggi swasta (PTS) yang pertama mendapatkan ijin penyelenggaraan pembelajaran Hybrid di Wilayah LLDIKTI IX.

Pembelajaran Hybrid ini, maksudnya, 50% dilakukan secara online dan 50% secara offline.

Bukan hanya pujian itu yang dilontarkan Andi Lukman. Ia melihat, perkembangan kampus ini begitu cepat. Rencananya, akan membuka Program Studi Ilmu Kedokteran, serta telah melakukan alih kelola empat Perguruan Tinggi di Sulawesi Selatan ini.

Pujian yang mengalir tersebut disampaikan Drs. Andi Lukman, M.Si saat mewisuda Sarjana dan Pengukuhan Guru Besar UMB Palopo yang berlangsung di gedung serbaguna, Sinar Setuju, Kamis 1 September 2022.

Andi Lukman menilai, memang usia kampus ini masih terbilang muda, namun sudah membuat bangga LLDIKTI Wilayah IX.

“Kami bangga dengan sejumlah prestasi yang ditorehkan. Mulai dari lembaga kursus, kemudian jadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan, lalu berubah status menjadi Universitas.

Yang menarik, karena saat ini, UMB juga mengalih status beberapa perguruan tinggi di Sulawesi Selatan melalui Yayasan Pendidikan Mega Buana Palopo.

Andi Lukman mengatakan, kalau seperti ini kerja penyelenggara dan pengelola, maka tidak lama perguruan tinggi ini akan besar dan akan sejajar dengan perguruan tinggi besar di Indoensia.

“Kemarin saya memvisitasi tentang penyatuan UMB dengan Sekolah Tinggi Ilmu Informatika Komputer STIK Imanuel Toraja. Insya allah tidak lama lagi SKnya keluar. Insya Allah juga sedang berproses pembukaan prodi pendidikan dokter. Semoga itu berjalan lancar dan tak lama lagi Univeristas Mega Buana mengelola Prodi Kedokteran, yakin sekali saya bahwa apa yang telah ditorehkan ini bukan datang begitu saja. Namun, atas kerja keras kerja cerdas dan kerja iklhas oleh pengelola dan penyelenggara Universitas mega buana, mari kita menjaganya,” sebut Andi Lukman.

Makannya, bagi para lulusan, banggalah. ”Kita saja dari LLDIKTI bangga dengan kampus ini, apalagi lulusannya, terlebih mahasiswanya. Ini sudah luar biasa, ini menjadi kebanggaan masyarakat Palopo. Tentunya kebanggaan LLDIKTI Wiayah IX,” jelasnya.

Perkembangan yang dilakukan ini, tidak lepas dari upaya keras para pengelola bagaimana lembaga pendidikan ini semakin menarik di mata masyarakat. Ternyata LLDIKTI pun diam-diam melihat Mega Buana selalu memperhatikan
Alumninya bagaimana terserap dalam dunia kerja. Karena itu ia meminta Rektor agar tak surut semangatnya dalam membangun dunia pendidikan. Sebab, Lembaga ini sudah luar biasa. Dan, memang luar biasa perkembangannya.

”LLDIKTI akan terus mendukung bagaimana bisa terus berkembang,” ungkapnya.

Namun, ia tetap berpesan agar memperhatikan SDMnya tetap unggul. Terlebih di era kompetisi saat ini banyak PT yang terus berupaya untuk berkembang. Tentunya, yang unggul akan menghasilkan sesuatu yang unggul. ”Mari menjaga ini dan mengembangkan pendidikannya,” jelasnya.

Saat ini, UMB sudah punya guru besar yang baru dilantik. Yakni, Prof Dr Ilyas, SH MH. Ia merupakan guru besar UMB di Faklutas Hukum. Demikian juga dengan Rektor yang dikabarkan tidak lama lagi akan mencapai jenjang Profesor, karena sementara berjalan.

Sementara itu, Rektor Universitas Mega Buana (UMB) Palopo, Dr Hj Nilawati Uly S.Si, Apt, M.Kes. terkait sejumlah perguruan tinggi yang dialih kelolakan mengakui bahwa, saat ini sudah ada empat perguruan tinggi.

Dua diantaranya penyatuan ke dalam UMB Palopo yakni Sekolah Tinggi Ilmu Informatika Komputer STIK Imanuel Toraja dan STIH Damarica Palopo.

“Saat ini sudah membuka Fakultas Hukum dan juga memiliki guru besar yang tadi dilantik yakni Prof Dr Ilyas, SH MH. Dan, tidak lama lagi akan membuka dua prodi lagi yakni S1 Informatika dan S1 sistem Informasi,” ungkap Dr Hj Nilawati Uly S.Si, Apt, M.Kes.
Dan dua perguruan tinggi lainnya yakni, Akademi Kebidanan Madani Sinjai dialih kelola oleh Yayasan Pendidikan Mega Buana menjadi Akademi Kebidanan Mega Buana di Sinjai dan Sekolah Tinggi Ilmu Maritim Nusantara Makassar dialih kelola oleh Yayasan Pendidikan Mega Buana menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Maritim Mega Buana yang ditempatkan di Mamuju Sulbar.

Dengan melihat perkembangan itu, menunjukkan Mega Buana akan menjadi yang terbesar di Indonesia Timur ini dalam pengelolaan pendidikan tinggi swasta. Namun, menurut Dr Hj Nilawati Uly S.Si, Apt, M.Kes, pihaknya ingin berbuat banyak untuk masyarakat. Sebut Nilawati Uly, Mega Buana jika dalam bahasa Bugis Makassar berarti maega bua’na atau banyak yang diperbuat, dan Maega Buana jika diibaratkan pohon berarti banyak buahnya.

Diketahui, UMB Palopo pada Kamis, kemarin kembali melaksanakan wisuda sarjana dan profesi sebanyak 568 wisudawan/ti. Prosesinya berlangsung Khidmat. Dihadiri oleh Wali Kota Palopo diwakili oleh Asisten II Ilham Hamid, Wakil Ketua DPRD Palopo, Abdul Salam, bersama unsur muspida lainnya, sejumlah Pimpinan Perguruan tinggi se Kota Palopo, dan mitra UMB Palopo.
Sebanyak 568 wisudawan ini dengan rincian 22 Prodi Sarjana Ilmu Hukum, 28 Prodi Sarjana Ilmu Keperawatan, 32 Prodi Sarjana Kesehatan Masyarakat, 15 Prodi Profesi Ners, dan 277 Prodi Sarjana Terapan Kebidanan.

Leave a Reply